Ketik disini apa yang anda cari

Senin, 30 Mei 2011

Apakah dengan Memakai Kondom Tetap Bisa Puas?

img
avatar

via Anonymous




Jakarta - Dokter, apakah pemakaian kondom dalam berhubungan seks tetap bisa mencegah terjadinya kehamilan? Soalnya dari yang saya baca, ada kasus kondom yang bocor. Mungkinkah itu terjadi? Apakah dengan menggunakan kondom hubungan seks tetap bisa puas?

(Difii, 23 Tahun)

Jawab :

Setiap penggunaan alat kontrasepsi memiliki risiko terjadinya kegagalan kontrasepsi, baik itu kontrasepsi hormonal seperti KB suntik dan pil, spiral, maupun kondom. Risiko terjadinya kegagalan kontrasepsi itu bervariasi, untuk kondom risiko kegagalannya cukup tinggi terutama bila menggunakannya tidak tepat. Karena terbuat dari lateks, maka kondom juga memiliki risiko bocor. Oleh karena itu sebaiknya kondom tidak terkena sinar matahari langsung/terpapar panas, tidak disimpan lama di dalam dompet dan perhatikan dengan tepat tanggal kadaluarsa kondom.

Cara menggunakan kondom juga menentukan keberhasilan kondom sebagai metoda kontrasepsi. Kondom dipasang saat penis dalam keadaan ereksi, dengan terlebih dahulu memencet bagian ujung kondom sehingga tidak terdapat udara di dalam kondom. Bagian ujung kondom ini berfungsi sebagai tempat sperma.

Waktu melepas kondom juga menentukan, saat yang tepat melepas kondom adalah setelah terjadi ejakulasi namun penis masih dalam keadaan ereksi (belum kembali ke ukuran semula). Karena bila kondom tidak langsung dilepas dan penis sudah kembali mengecil maka sperma akan dapat keluar mengalir dari dalam kondom.

Untuk dapat meningkatkan fungsi kondom sebagai alat pencegah kehamilan, maka ada jenis kondom yang cairan lubrikasinya mengandung spermisid artinya dapat membunuh sperma. Dengan memperhatikan penyimpanan, penggunaan dan pelepasan kondom, maka kondom dapat berfungsi dengan baik sebagai salah satu metode kontrasepsi yang aman dan tanpa efek samping, serta dapat mencegah penularan penyakit menular seksual.

Mengenai kepuasan seksual dengan menggunakan kondom, hal ini sangat bergantung kepada setiap individu. Kondom yang diproduksi sekarang ini terbuat dari lateks (karet) yang sangat tipis, sehingga hampir tidak ada bedanya hubungan seksual yang menggunakan kondom ataupun tidak. Namun bagi beberapa laki-laki penggunaan kondom ini tetap dirasakan kurang nyaman untuk dapat mencapai kepuasan seksual yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

by Tania ja Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger